Orang-orang yang didoakan oleh malaikat ?


AJARAM MUSLIM - Orang-orang yang didoakan oleh malaikat ?

     Selain insan, malaikat ternyata juga berdoa. Perbedaannya adalah para malaikat berdoa bukan buat dirinya, namun buat kesejahteraan serta kebaikan manusia. Allah swt berfirman pada dalam al-qur’an yg berbunyi menjadi berikut:

وَقَالُواْ ٱتَّخَذَ ٱلرَّحۡمَٰنُ وَلَدٗاۗ سُبۡحَٰنَهُۥۚ بَلۡ عِبَادٞ مُّكۡرَمُونَ ٢٦ لَا يَسۡبِقُونَهُۥ بِٱلۡقَوۡلِ وَهُم بِأَمۡرِهِۦ يَعۡمَلُونَ ٢٧ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ أَيۡدِيهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ وَلَا يَشۡفَعُونَ إِلَّا لِمَنِ ٱرۡتَضَىٰ وَهُم مِّنۡ خَشۡيَتِهِۦ مُشۡفِقُونَ ٢٨

Adalah: serta mereka berkata: "tuhan yang maha pemurah sudah merogoh (mempunyai) anak", maha kudus allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tak mendahului-nya dengan perkataan dan  mereka mengerjakan perintah-perintah-nya. Allah mengetahui segala sesuatu yg dihadapan mereka (malaikat) serta yang pada belakang mereka, dan  mereka tiada memberi syafa´at melainkan kepada orang yg diridhai allah, dan  mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-nya (qs. Al-anbiya, 21: 26-28)

Baca pula maksud dan  tujuan diturunkannya al-qur’an

Siapa sajakah orang-orang yang didoakan oleh para malaikat?

Berikut ini adalah orang-orang yg didoakan sang para malaikat, sebagaimana ditulis syekh fadhlullah dalam bukunya yg berjudul orang-orang yg didoakan malaikat (2005), diantaranya:

Orang yang duduk menunggu shalat. 


Imam muslim meriwayatkan berasal abu hurairah ra, bahwa rasulullah saw bersabda: “tidaklah galat seorang pada antara kalian yg duduk menunggu shalat, selama ia berada pada keadaan kudus, kecuali para malaikat akan mendoakannya, ’ya allah, ampunilah beliau. Ya allah sayangilah dia.’” (shahih muslim, hadis no. 469).

Orang yang mengucapkan amin dalam sholat




     Para malaikat mengucapkan, ’’amin” ketika imam shalat terselesaikan membaca al-fatihah. Imam bukhari meriwayatkan asal abu hurairah ra bahwa rasulullah saw bersabda: ’’Bila seorang imam membaca, ’ghairil maghdhubi ’alaihim wa ladhalin’, maka ucapkanlah sang kalian, ’amin’, sebab barang siapa ucapannya itu bertepatan menggunakan ucapan malaikat, maka dia akan diampuni dosanya yang masa kemudian.” (shahih al-bukhari, hadis no. 782).

Orang-orang yang melakukan shalat subuh dan ashar berjamaah  


     Imam ahmad meriwayatkan berasal abu hurairah ra bahwa rasulullah saw bersabda: ’’para malaikat berkumpul pada waktu shalat subuh, lalu para malaikat (yang menyertai hamba) di malam hari (yang telah bertugas malam hari sampai subuh) naik (ke langit), dan  malaikat di siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ashar dan  malaikat yg ditugaskan pada siang hari (sampai shalat ashar) naik (ke langit), sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari permanen tinggal, kemudian allah bertanya kepada mereka, ’bagaimana kalian meninggalkan hambaku?’ mereka menjawab, ’kami tiba sedangkan mereka sedang melakukan shalat, serta kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat.’” (al-musnad, hadis no. 9140; syekh ahmad syakir menganggap shahih hadis ini).

Orang yang berdiri pada shaf bagian depan waktu shalat.


     Imam abu dawud serta ibnu khuzaimah berasal barra’ bin ’azib ra mengungkapkan bahwa rasulullah saw pernah bersabda: ’’sesungguhnya allah dan  para tnalaikat-nya bershalawat pada (orang-orang) yg berada di shaf-shaf terdepan.” (hadis ini di-shahih-kan oleh syekh al-albani dalam shahih sunan abi dawud, 1/130).

Orang yang menyambung shaf sholat


     Orang yang menyambung shaf, dengan tidak membiarkan shaf shalat terputus atau adanya kekosongan pada dalam shaf. Imam ahmad, ibnu m ajali, ibnu khuzaimah, ibnu hibban, dan  al-hakim meriwayatkan berasal ’aisyah ra bahwa rasulullah saw mengatakan: ’’sesungguhnya allah serta para malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yg menyambung shaf-shaf.” (hadis ini di-shahih-kan sang syekh al-albani pada shahih at-targhib wa at-tarhib, v212).


Orang yg duduk pada daerah shalatnya selesainya melakukan shalat. 


Imam ahmad meriwayatkan berasal abu hurairah ra, bahwa rasulullah saw bersabda: ’’para malaikat akan selalu bershalawat pada salah  satu di antara kalian selama berada pada dalam daerah melakukan shalat, dalam keadaan belum batal wudhunya, mereka (para malaikat) berkata, ’ya allah ampunilah dan  sayangilah beliau.’” (al-musnad, hadis no. 8106; syekh ahmad syakir menganggap shahih hadis ini).

Orang yang saat hendak tidur dalam keadaan suci.


     Imam ibnu hibban meriwayatkan asal abdullah bin ’umar ra, bahwa rasulullah saw bersabda: “barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, ’ya allah, ampunilah hambamu si fulan sebab tidur dalam keadaan kudus.’” (hadis ini pada-shahih-kan oleh syekh al-albani dalam shahih at-targhib wa at-tarhib, 1/37).

Orang yg mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yg didoakan. 


     Diriwayatkan imam muslim dari ummu darda’ ra bahwa rasulullah saw bersabda: ”doa seorang muslim buat saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yg didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Di kepalanya terdapat seseorang malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali beliau berdoa buat saudaranya menggunakan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata, ’amin,’ dan  engkau  pun menerima apa yg ia dapatkan.’” (shahih muslim, hadis no. 2733).

Seorang yg mengajarkan kebaikan pada orang lain. 


     Diriwayatkan oleh imam at-tirmidzi dari abu umamah al-bahily ra bahwa rasulullah saw bersabda: ’’keutamaan seorang alim atas seorang pakar ibadah bagaikan keutamaanku atas seseorang yg paling rendah di antara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan  bumi, bahkan semut yang di pada lubangnya, serta bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.” (pada-shahih-kan sang syekh al-albani dalam kitab   shahih at-tirmidzi, 11/343).

Orang yang makan sahur


     Imam ibnu hibban dan  imam ath- thabrani meriwayatkan asal abdullah bin ’umar ra bahwa rasulullah saw bersabda: ’’sesungguhnya allah dan  para malaikat-nya bershalawat pada orang-orang yg makan sahur.” (hadis ini pada-shahih-kan sang syekh al-albani dalam shahih at-targhib wa at-tarhib, 1/519).

Orang-orang yg berinfak


     Imam bukhari dan  imam muslim meriwayatkan asal abu hurairah ra bahwa rasulullah saw bersabda: ’’tidak satu pagi hari pun yang dilalui oleh seorang hamba kecuali 2 malaikat turun kepadanya, keliru satu di antara keduanya berkata, ’ya allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak,’ serta yang lainnya berkata, ’ya allah, hancurkanlah harta orang yg pelit.’” (shahih al-bukhari, hadis no. 1442; serta shahih muslim, hadis no. 1010).

Orang yg menjenguk orang sakit


     Imam ahmad meriwayatkan dari ali bin abi thalib kw bahwa rasulullah saw bersabda: ’’tidaklah seseorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore, serta di saat malam kapan saja sampai subuh.” (al-musnad, hadis no. 754; syekh ahmad syakir berkomentar ihwal hadis ini, ’’sanadnya shahih”).

     Malaikat dikenal menjadi mahkluk allah swt yg tidak mempunyai nafsu, kecuali hanya mengerjakan kebaikan. Bila kita beruntung sebagai orang-orang yg didoakan sang para malaikat, sudah dapat dipastikan allah swt akan mengabulkannya, karena doa para malaikat itu tulus serta hanya berisi kebaikan. Semestinya kita bisa memanfaatkan 11 momen pada atas, baik ketika berdoa bagi diri sendiri, jua orang lain. Subhanallah……

loading...
Blogger
Disqus

No comments

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
close